Anti Korupsi Dengan Kantin Kejujuran


Budaya korupsi sekarang merajalela atau sudah di anggap virus yang tidak ada obatnya. Bagi banyak orang korupsi bukan lagi merupakan suatu pelanggaran hukum, melainkan sekedar suatu kebiasaan atau sebuah hobi yang buruk, oleh sebab itu aku dan organisasi di kampus aku kuliah membuat sebuah program kerja (proker) yaitu Kantin Kejujuran, di sini kami membuat proker kantin kejujuran bertujuan untuk memperkecil budaya korupsi dan berlatih untuk jujur.  Kantin kejujuran adalah kantin yang menjual makanan kecil dan minuman. Kantin kejujuran tidak memiliki penjual dan tidak dijaga. Makanan atau minuman dipajang
dalam kantin. Dalam kantin tersedia kotak uang, yang berguna menampung pembayaran dari mahasiswa yang membeli makanan atau minuman. Bila ada kembalian, mahasiswa mengambil dan menghitung sendiri uang kembalian dari dalam kotak tersebut. Di kantin ini, kesadaran mahasiswa sangat dituntut untuk berbelanja dengan membayar dan mengambil uang kembalian jika
memang berlebih, tanpa harus diawasi. Salah satu motto yang ditanamkan di kantin ini adalah “Kami Tidak Melihat. Tapi TUHAN Maha Tahu”. Kantin Kejujuran merupakan salah satu bentuk kegiatan dalam pendidikan Antikorupsi.
Nabi Muhammad SAW bersabda: “Sesungguhnya kejujuran itu akan mengantarkan kepada jalan kebaikan, dan sesungguhnya kebaikan itu akan mengantarkan ke dalam al- jannah (surga), sesungguhnya orang yang benar-benar jujur akan dicatat di sisi Allah sebagai ash-shidiq (orang yang jujur). Dan sesungguhnya orang yang dusta akan mengantarkan ke jalan kejelekan, dan sesungguhnya kejelekan itu akan mengantarkan ke dalam an- naar (neraka), sesungguhnya orang yang benar-benar dusta akan dicatat di sisi Allah sebagai pendusta. “ (HR. Al Bukhari).
Kantin kejujuran juga sebagai pembelajaran dini kita untuk mengurangi budaya korupsi di Indonesia. Ketika kegiatan tersebut merugi atau bangkrut, dapat di artikan bahwa terdapat korupsi dini.
…SEMOGA DENGAN ADANYA KEJUJURAN YANG ADA DALAM DIRI KITA, KITA DAPAT MEMBANGUN INDONESIA BERSIH TERHADAP KORUPSI YANG MENJADI HOBI PARA PEJABAT TERTENTU..



0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkomentar.
Berkomentarlah dengan baik dan tidak mengandung SARA.
Semoga Komentar anda berguna bagi Nusa dan Bangsa..
..Salam Blogging..