Pelatihan Internet Untuk Guru "Padamu Guru, Syukur Baktiku"

Internet "makanan" tiap hari kita dalam dunia globalisasi ini, betapa tidak mulai dari anak kecil sampai dewasa wajib hukumnya mendapatkan internet. Tetapi masih banyak rakyat Indonesia yang masih belum seluruhnya "memakan" internet. Kita sebagai mahasiswa yang tiap hari "memakan" internet yang mengharapkan perubahan, hendaknya saling berbagai dengan orang yang belum memanfaatkan internet. Lamongan 02-03 Desember 2011, perubahan tersebut tiba, kami selaku mahasiswa FTI UPN "Veteran" Jatim bergabung dengan BEM FTI UPN "Veteran" Jatim, Himpunan Pemimpin Indonesia (HIMPIN), Sumber Pendidikan Mental Agama Allah (SPMAA) melakukan perubahan tersebut. Pelatihan tersebut meliputi Search Engine,Pembuatan E-mail, Pembuatan Facebook. Pemakaian internet sangat di perlukan untuk guru, mencari sumber-sumber materi tidak hanya lewat buku tetapi lewat dunia internet juga di perlukan.



Jumat, Lamongan 02 Desember 2011 (hari pertama) pelatihan angkatan I di buka oleh SPMAA, DIKNAS, DEKAN FTI UPN “Veteran” Jatim, KEMENAG , HIMPIN. Pelatihan internet untuk guru ini bertema “Padamu Guru, Syukur Baktiku”. Materi pertama yang di dapatkan oleh guru adalah search engine atau mesin pencari, para guru dan di bantu oleh instruktur pendamping mengikuti dengan seksama penjelasan dan arahan dari instruktur yang ada di depan. Di materi awal ini para bapak-ibu guru begitu bersemangat untuk mengikutinya. Materi search engine sendiri masih banyak guru-guru yang bingung dan lucunya sendiri sebagian guru ada yang bilang “megang laptop aja gak pernah,apa lagi pakai internet” (Tersenyum aja mendengarnya… :D), sebagian guru juga masih ada yang belum tau mana itu spasi, klik kiri atau klik kanan. Para peserta tetap mengikuti dengan antusias meskipun banyak kesalahan yang di lakukan dalam mencoba beberapa menu yang ada pada program aplikasi, tetapi para peserta memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Para mentor dan pendamping juga sangat sabar dalam memberikan materi, itulah yang mendorong kami buat melakukan perubahan tersebut. Selanjutnya di materi kedua,yaitu pembuatan e-mail. Di dalam pembuatan e-mail ini mayoritas guru masih belum apa itu e-mail, apa gunanya e-mail. Sehingga kami harus sabar untuk menerangkan satu persatu selak-beluk tentang e-mail, kemudian guru-guru di coba untuk melakukan sendiri, seperti contohnya mengirim e-mail ke teman sebelah atau mengirim ke gus hafidh (SPMAA/HIMPIN). Setelah guru sudah paham, materi di lanjutkan dengan pembuatan facebook. Biar tidak kalah dengan anak-anak muda jaman sekarang, guru-guru ini juga di ajarkan bagaimana membuat facebook. Tetapi, kami mengajarkan facebook ini ke segi positifnya dan pemakaian yang benar, contoh, membuat grup agar bisa berdiskusi dan saling tukar menukar pendapat atau informasi. Hari pertama Pelatihan internet untuk guru angkatan I sudah selesai, tak lupa sesi foto-foto pun di mulai..hehe.. J



Sebelum berangkat ke tempat pelatihan gus khosy berpesan tentang 3 proyek besar yang belum terlaksanakan oleh Bapak Guru A. Mocthar (Pendiri SPMAA) yaitu, pertama, musuh besar manusia bukanlah seorang manusia, tapi setan yang ada dalam tubuh kita, kedua, tuhan ada dimana-mana, beliau mencontohkan ikan dalam air, ikan sebagai kita dan air adalah tuhan yang tidak tampak, yang ketiga, raihlah kenikmatanmu di akherat dengan mengurangi kenikmatan di dunia, beliau juga mencontohkan hal tersebut dengan pisang, kulit pisang sebagai dunia dan isi(daging) pisang sebagai akherat, jadi kita buka kulit pisang sedikit, kita dapat melihat isi pisang tersebut, setelah itu kami berangkat ke tempat pelatihan.
Di hari kedua Pelatihan internet untuk guru angkatan II ini tak jauh beda dengan pelatihan hari pertama, suasana yang begitu ramai dan meriah. Tampak para bapak-ibu guru begitu bersemangat untuk belajar seluk-beluk internet. Seperti di hari pertama kita harus sabar menerangkan satu persatu kepada bapak-ibu guru. Di hari kedua ini suasana meriah terasa, apa lagi ada salah satu ibu guru yang menyanyi di depan dan bapak-ibu guru yang lain ikut mengikutinya. Alhamdulillah, walaupun kegiatan hanya dilaksanakan 2 hari, hasil yang didapatkan sungguh sangat membanggakan. Kegiatan ini di ikuti oleh peserta yang umumnya sudah cukup berumur tetapi mempunyai keinginan belajar yang luar biasa. Dengan pelatihan internet ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan, pengetahuan dan ketrampilan para guru dalam menerapkan teknologi informasi yang sedang berkembang guna tercapainya kualitas sumber daya manusia.

 Pelatihan internet untuk guru di Lamongan  ini mempunyai kesan buat saya, di dalam dunia sekolah/pendidikan guru mengajari murid, tetapi saya sebagai murid telah sedikit mengajari guru yang belum paham menjadi paham tentang internet, apa lagi saya melakukan itu di Negeri kita tercinta,INDONESIA. Pelatihan ini salah satu cara bagaimana mengabdi untuk melakukan sesuatu perubahan. Masih banyak orang di Indonesia yang belum mengenal internet dan diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, sehingga Indonesia tidak menjadi bangsa yang ketinggalan khususnya di bidang Teknologi Informasi.

Pepatah lama mengatakan, BUKU adalah JENDELA DUNIA. Buku saja tidak cukup untuk melihat DUNIA, tetapi INTERNET juga bisa melihat DUNIA YANG LUAS…
MAJULAH PENDIDIKAN DI INDONESIA

4 komentar:

  1. siap memajukan dunia IT di pendidikan \..

    bismillah...

    salam blogwalking

    hmsf08.blogspot.com

    BalasHapus
  2. siiiaph bung surya,,,
    mari majukan pendidikan di Indonesia dengan gerakan perubahan..

    BalasHapus
  3. Ayo semangat guru-guru ku jangan mau ketinggalan hehe update terus ilmu mu untuk di transferkan ke murid-muridmu ..

    BalasHapus
  4. hehe.. :))
    mungkin baru pertama kali ini saya menerangkan materi ke guru,,biasanya kan kita di terangkan oleh guru... :D

    BalasHapus

Terima kasih telah berkomentar.
Berkomentarlah dengan baik dan tidak mengandung SARA.
Semoga Komentar anda berguna bagi Nusa dan Bangsa..
..Salam Blogging..